Keterkaitan antar materi modul 1.1 mengenai Filosofi Ki Hajar Dewantara dengan materi modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak dan materi modul 1.3 tentang visi guru penggerak.
Modul 1.1 Filosofi Ki Hajar Dewantara
1. Menuntun murid sesuai kodrat alam dan kodrat zamannya.
2. Menganut dan menerapkan semboyan "Ing Ngarso Sing Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani" dalam pembelajaran dan pendidikan.
3. Pendidikan menganut asas Trikon:
- Kontinuitas (berakar pada budaya bangsa yang berkesinambungan)
- Konvergen (pendidikan yang memanusiakan manusia)
- Konsentris (pendidikan yang menghargai keberagaman)
Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak
Nilai Guru Penggerak:
1. Berpihak pada murid
2. Mandiri
3. Inovatif
4. Kolaboratif
5. Reflektif
Peran Guru Penggerak:
1. Menjadi pemimpin pembelajaran
2. Mewujudkan kepemimpinan murid
3. Mendorong kolaborasi
4. Menjadi coach bagi guru lain
5. Menggerakkan komunitas praktisi
Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
Visi guru penggerak adalah representatif tentang terwujudnya profil pelajar Pancasila pada murid di masa yang akan datang. Visi haruslah mencerminkan nilai dan peran guru penggerak dan sesuai dengan filosofi Ki Hajar Dewantara dalam mewujudkan murid yang berkarakter profil pelajar Pancasila. Visi yang dimiliki hasruslah berpihak pada murid dengan berlandaskan pola pikir yang positif. Visi guru penggerak dapat dilakukan melalui pendekatan inkuiri apresiatif dengan tahapan BAGJA.
Inkuiri Apresiatif (IA) adalah manajemen perubahaan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. pendekatan inkuiri apresiatif dapat dimulai dengan:
1. Mengidentifikasi hal baik yang telah ada di sekolah.
2. Mencari cara mempertahankan hal baik yang telah ada.
3. Membuat strategi untuk mewujudkan ke arah yang lebih baik.
Inkuiri Apresiatif (IA) melalui tahapan BAGJA:
B-uat pertanyaan
A-mbil pelajaran
G-ali mimpi
J-abarkan rencana
A-tur eksekusi
Visi guru penggerak haruslah sesuai dengan tujuan filosofi Ki Hajar Dewantara yaitu sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya, berpusat dan menghamba pada murid serta, dengan pembelajaran yang memerdekakan murid yaitu pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan karakteristik dan potensinya. Visi guru penggerak haruslah mampu mencerminkan nilai dan peran dari guru penggerak dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Visi guru penggerak haruslah mencerminkan nilai dan peran guru penggerak dengan berlandaskan pada filosofi Ki Hajar Dewantara, dalam upaya mewujudkan murid yang berkarakter profil pelajar Pancasila. Visi tersebut haruslah:
1. Terukur
2. Konkret
3. Sistematis, dan
4. Terencana
Visi guru penggerak dapat dilakukan melalui pendekatan inkuiri apresiatif dengan tahapan BAGJA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar