Senin, 08 Mei 2023

Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2-Analisis Video Praktik Baik

 

Analisis video praktik baik:

  1. Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

Terwujudnya kelas impian untuk semua murid.

  1. Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

Mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar semua murid.

  1. Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar?

  1. Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan:
    1. Buat pertanyaan:

1)    Guru menulis “Penyemangat Belajar” di papan tulis sehingga murid terlihat menjadi ingin tahu.

2)    Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kata yang ada di papan tulis “Apa yang muncul di dalam pikiran kalian saat membaca kata tersebut?”

3)    Guru menggali informasi tentang pendapat dan pengalaman murid tentang apa-apa saja yang berhubungan dengan kelas yang menyenangkan untuk belajar.

4)    Guru menggali informasi mengenai hal-hal yang disukai murid saat berada di kelas.

    1. Ambil Pelajaran:

1)    Guru menugaskan murid untuk berkunjung saat jam istirahat ke kelas lain untuk menambah referensi tentang kelas yang membuat semangat belajar.

2)    Murid berkunjung dan mengamati kondisi ruang kelas lainnya kemudian mencatat hal yang disukai.

3)    Guru mengajak berdiskusi tentang hal-hal yang disukai untuk mewujudkan kelas yang menyenagkan untuk belajar.

4)    Murid menuliskan hasil diskusinya.

    1. Gali Mimpi:

1)    Guru menyiapkan alat dan bahan untuk dibagikan pada tiap kelompok.

2)    Guru meminta murid untuk menutup mata dan membayangkan kelas yang menyenangkan untuk penyemangat belajar.

3)    Secara berkelompok murid menggambatrkan kelas yang nyaman sesuai yang dibayangkan.

4)    Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya tentang kelas impian mereka di depan kelas secara bergantian.

    1. Jabarkan Rencana:

1)    Guru mengajak murid untuk berpartisipasi memnentukan kebutuhan untuk mewujudkan kelas impian.

2)    Murid menyebuitkan kelas impian yang diinginkan sebagai penyemangat belajar.

3)    Guru menuliskan hasil daftar kelas impian di papan tulis.

4)    Guru membagi tugas setiap kelompok untuk mewujudkan kelas yang diimpikan.

    1. Atur Eksekusi:

1)    Guru memberikan kesempatan murid agar berpartisipasi menentukan pembagian tugas dalam kelompok

2)    Guru mengajak murid untuk mendiskusikan waktu pelaksanaan menata kelas impian.

3)    Guru meminta murid untuk menyiapkan alat dan bahan sesuai tugas kelompok masing-masing.

4)    Guru meminta murid agar bergotong royong mewujudkan kelas impian yang menjadi penyemangat belajar.

 

5.      Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?

a.     Pemimpin pembelajaran berfokus pada kelebihan/ aset yang dimiliki.

b.     Pemimpin mengembangkan diri dan muridnya.

c.     Pemimpin berperan sebagai manajer dalam mengelola potensi yang dimiliki muridnya dan lingkungan sekolahnya.

 

  1. Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?

a.     Modal Manusia:

1)    Guru mampu memetakan sumber daya atau aset yang dimiliki sehngga dapat mewujudkan kelas impian.

2)    Murid terlihat kooperatif, kreatif, mandiri dan bertanggung jawab pada tugas yang diberikan.

b.     Modal Sosial:

1)    Kolaborasi dengan rekan sejawat untuk merumuskan prakarsa perubahan.

2)    Bekerja sama dan meminta izin dengan guru lain sebelum melakukan observasi kelas.

c.     Modal Fisik:

1)    Bangunan kelas dapat ditata sesuai keinginan murid.

2)    Hiasan yang dibuat dapat menutup bagian dinding yang terlihat rusak.

3)    Tersedia rak dan buku penunjang sebagai bahan baca dan informasi.

4)    Meja dan kursi dapat diubah posisinya untuk kenyaman belajar murid.

d.     Modal Lingkungan/ Alam: Memanfaatkan bahan-bahan yang ramah lingkungan yang digunakan untuk menghias kelas.

e.     Modal Finansial:

1)    Tersedia dana BOS yang dimanfaatkan untuk keperluan belajar dan pembelajaran murid.

f.      Modal Politik: Kebijakan kepala sekolah yang selalu mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.

g.     Modal Agama dan Budaya:

1)    Karakter ceria, santun, dan hormat murid pada guru dan sesama rekan guru.

2)    Sikap gotong royong murid untuk bekerja sama mewujudkan kelas impian.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

  Apa itu kepemimpinan murid ( student agency )? Konsep kepemimpinan murid  sebenarnya berakar pada prinsip bahwa murid memiliki kemampuan d...